Welcome To

Doctoral Study Program Administrative Science
Click Here

STUDY PROGRAM PROFILE

History

  • Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember (PSDIA FISIP UNEJ) berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan  Tinggi  Nomor 2083/D/T/2008  tanggal  7  Juli 2008.
  • Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor: 1555/UN25/KP/2012 tanggal 13 Pebruari 2012 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Pascasarjana Universitas Jember (Antar Waktu) dari Sdr. Prof. Dr. Kabul Santoso, MS ke Sdr. Dr. Akhmad Toha, M.Si.
  • Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor: 4558/UN25/KP/2013 tanggal 19 Desember 2013, Ketua Program Pascasarjana sebagai berikut:
  • Ketua Program Doktor Ilmu Administrasi:  Dr. Djoko Poernomo, M.Si. Ketua Program Magister Ilmu Administrasi: Dr. Zarah Puspitaningtyas, S.Sos., SE., M.Si.
  • Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor: 800/UN25/KP/2018 tanggal 16 Januari 2018 tentang Pemberhentian Ketua Program Magister (S-2) dan Ketua Program Doktor (S-3) Program Studi Ilmu Administrasi dan Pengangkatan Koordinator Program Magister (S-2) dan Koordinator Program Doktor (S-3) Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.
  • Koordinator Program Magister (S-2) : Rachmat Hidayat, S.Sos., M.Si., M.PA., Ph.D. Koordinator Program Magister (S-3): Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., MM.
  • Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor 14627/UN25/KP/2021 tanggal 16 Agustus 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dan Koordinator Program Doktor (S-3) Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. 
  • Memberhentikan dengan hormat Sdr. Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., MM. sebagai Koordinator Program Doktor (S-3) Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Dan Mengangkatan Sdr. Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D. sebagai Koordinator Program Doktor(S-3) Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.

Vision

Becoming a Doctor of Administrative Sciences Program that excels in the development of science and technology in the study of governance and local competitiveness at the global level

Mission

  • Organizing quality Doctoral Education Programs

  • Developing and Disseminating Administrative Knowledge in Local Governance and Competitiveness Studies at the Global Level Based on Indonesian National Identity
  • Developing a Cooperation Network with Domestic and International Stakeholders

Goals

  • Produce Graduates Who Have Attitude And Character That Are Purpose Of God Almighty And Have Scientific Reason Based On Philosophy

  • Produce Graduates Who Are Able To Apply Transdicipliner Methods In Real Works To Produce Alternative Solutions To Community Problems And Models Of Local Governance And Competitiveness At The Global Level

  • Produce Graduates Who Are Able To Contribute To The Development Of Administrative Science Which Emphasizes Governance And Local Competitiveness Through Reputable International Conference And Publications

Organizational Structure

Study Program Manage

Scientific Vision Questionnaire

Facility

Cooperation

ACADEMIC

Teaching Lecturer

Curriculum

KURIKULUM BARU 2022

PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU ADMINISTRASI

  1. DAFTAR SEBARAN MATA KULIAH TIAP SEMESTER

Daftar mata kuliah dan bobot SKS

Tabel 6. Daftar Mata Kuliah dengan Bobot SKS

SEMESTER 1
1. Filsafat Ilmu Pengetahuan 3 SKS
2. Diskursus Teori dan Praktik Ilmu Administrasi 3 SKS
3. Diskursus dan praktik teori Sosial Klasik dan Modern 3 SKS
4. Diskursus dan Praktik Teori Ekonomi Politik 3 SKS
TOTAL 12 SKS
SEMESTER 2
1. Metodologi Penelitian Lanjutan 3 SKS
2. Academic Writing and Literature Review 3 SKS
3. Seminar Tata Kelola dan Strategi Peningkatan Daya Saing Daerah 3 SKS
4. Ujian Kualifikasi 3 SKS
TOTAL 12 SKS
 
SEMESTER 3
1. Ujian Seminar Proposal Disertasi 3 SKS
TOTAL 3 SKS
 
SEMESTER 4
1. Publikasi Artikel Jurnal Internasional Bereputasi Scopus Q3A 6 SKS
TOTAL 6 SKS
 
SEMESTER 5
1. Ujian Seminar Hasil Penelitian 3 SKS
3 SKS
 
SEMESTER 6
1. Ujian Tertutup 6 SKS
2. Ujian TerbukaB 6 SKS
TOTAL 12 SKS
 
TOTAL (12 + 12 + 3 + 6 + 3 + 12) 48 SKS

 

Catatan

  1. Artikel ini harus SUDAH DIPUBLIKASIKAN di Jurnal Internasional Terindeks minimal Scopus Q3 dan menjadi PERSYARATAN UNTUK MENDAFTAR UJIAN TERTUTUP.
  2. Ujian Terbuka bisa diganti dengan membuat publikasi berupa artikel yang dimuat di Jurnal Internasional Bereputasi minimal terindeks Copernicus, Thompson, DOAIJ. Bersama dengan artikel yang dimaksudkan pada Catatan A., artikel ini menjadi PERSYARATAN UNTUK TIDAK MENGIKUTI UJIAN TERBUKA.

 

Dalam proses pembelajaran dosen pengampu mata kuliah pada Program Studi Doktor Ilmu Administrasi menerapkan metode Student Centered Learning (SCL). Model pembelajaran yang digunakan dalam SCL tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Problem Based Learning (PBL), merupakan model pembelajaran yang ditandai dengan penggunaan masalah yang ada di dunia nyata untuk melatih mahasiswa berfikir kritis dan terampil memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuan tentang konsep yang penting dari apa yang dipelajari.
  2. Research Based Learning (RBL), merupakan model pembelajaran yang dikaitkan dengan kegiatan-kegiatan seperti menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi, dan memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk meningkatkannya asimilasi dan penerapan pengetahuan.
  1. Project Based Learning (PJBL), merupakan model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik.
  2. Case Study (CS), merupakan model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan atau ketrampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah.

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Kemampuan yang diharapkan dicapai mahasiswa selama proses pembelajaran di PS-DIA tertuang dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), yang dirumuskan berlandaskan pada Pasal 5 (1) Permendikbud No. 3 Tahun 2020, bahwa: “Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan,” untuk mencapai kualifikasi pendidikan program doktor pada level 9, yaitu melakukan pendalaman dan perluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) melalui riset multi-transdisiplin.

STUDENT

DOWNLAD AREA

Services and Resources

Yudisium and Graduation Register Service

Parks and Recreation

Independent Internship Application Letter

Activity Permit Application Letter

DECLARATION LETTER OF ACCOMPANYING DIPLOMAS

Companion Certificate Application Letter

Parks and Recreation

ROOM LOAN APPLICATION

Application Letter for Thesis Examination